Situs Payak

Berwisata sejarah di Yogyakarta tidak akan pernah ada habisnya. Banyak peninggalan berupa candi maupun situs dari jaman kerajaan. Salah satu diantaranya adalah Situs Payak yang ditemukan sekitar tahun 1970-an. Situs ini terletak di Dusun Bintaran Wetan, Desa Srimulyo, Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Situs ini di duga untuk tempat pemandian atau tempat air suci.

Menurut Mujiono, penjaga Situs Payak, situs ini merupakan peninggalan dari kerajaan umat Hindu pada masa lampau. Situs Payak digunakan untuk pengambilan air suci pada saat upacara keagamaan.

“ Sampai sekarang masih belum diketahui situs ini peninggalan dari kerajaan apa”, ujar Mujiono saat ditemui di tempat peristirahatan, Selasa (15/1).

Menurut Mujiono, Situs Payak ditemukan secara tidak sengaja oleh pembuat batu bata. Pada awalnya area sekitar situs merupakan lahan pembuatan batu bata. Di situs ini juga terdapat arca Siwa yang kini telah dipindahlokasikan ke kantor Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Yogyakarta agar lebih aman.

Situs Payak berbentuk U dan ditemukan di dalam tanah. Bangunan yang tersisa berupa kolam dari batu putih dengan ukuran kolam panjang 312 cm dan lebar 124 cm. Sedangkan susunan batu putih menghadap tenggara berukuran 624 x 490 cm. Bangunan ini mempunyai peranan penting di masa klasik.

Secara keseluruhan kondisi fisik Situs Payak ini tergolong cukup terawat. Namun ada beberapa blok batu yang mengalami pengelupasan karena terbuat dari batu putih. Kebersihan lingkungan sekitar situs juga terawat. Walau kondisi bangunan masih bagus, namun sayang belum banyak wisatawan yang berkunjung ke situs ini.

Situs Payak cukup unik karena berada di bawah jalanan. Untuk mencapai Situs Payak bisa melalui Jalan Yogya-Wonosari Km 12. Ada sebuah jalan kecil sebelah selatan jalan sebelum puskesmas. Telusuri jalan itu sekitar 200 meter hingga menemukan pagar yang terbuat dari tanaman dan dilindungi kawat berduri.

Teks: Ayu Dessi Wulansari

Related posts :

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

  • Fotkom 401

    Kelompok Studi Mahasiswa Fotografi Komunikasi 401 atau disingkat FOTKOM 401 didirikan oleh sekelompok mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta
  • Archives

  • Gallery

    AKSI PANGGUNG NAIF DEAD SQUAD MENGGUNCANG SOUNDRENALINE AKSI IPANK KONSER IPANK DI YOGYAKARTA 2;1 = sama Stay Calm And Call Batman